DEWA KEBERUNTUNGAN


Sebagai dewa keberuntungan yang dapat membawa kekayaan, dewa keberuntungan yang disembah oleh sebagian besar China. Setiap saat festival musim semi setiap keluarga akan menggantung gambar dari dewa keberuntungan untuk membawa berkat keberuntungan besar. Ini pada mulanya merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh pedagang, yang kemudian mulai populer di antara orang-orang lainnya dan desa. Selain itu, orang-orang dari waktu yang berbeda dan berbeda menyembah dewa keberuntungan daerahnya sendiri, seperti dewa sipil keberuntungan, dewa martial keberuntungan, dewa keberuntungan lima arah dan malaikat keberuntungan, serta satu ortodoks Zhao Gongming. Dewa keberuntungan dalam kepercayaan rakyat adalah bukan citra tunggal tetapi sesuatu muncul sebagai sebuah kelompok.

Dewa Sipil Keberuntungan atau Caibo Xingjun biasanya mengacu pada Bi Gan dan Fan Li, yang patung-patung dan lukisan tokoh berada di tampilan pejabat sipil. Ada juga Dewa Martial Keberuntungan - Zhao Gongming dan Guan Yu dalam tampilan wajah gelap dan jenggot tebal mengenakan topi besi dan baja mantel.

Para Dewa Keberuntungan Lima Arah didefinisikan sebagai Marshal Zhao Gong, Zhaobao (makna mengundang harta) Dewa Surga Xiao Sheng, Nazhen (berarti mengumpulkan harta) dewa surga Cao Bao, Herald mengundang keberuntungan Chen Jiugong, dan Lishi (berarti uang beruntung) pegawai dunia bawah Yao Shaosi bersama mengambil alih semua harta keberuntungan dan membawa nasih keberuntungan orang-orang.

Malaikat keberuntungan sering muncul dalam gambar anak memegang piring harta karun atau ingot emas dan tongkat ruyi melayani dewa sipil dan martial keberuntungan, yang sering divisualisasikan sebagai pegawai dunia bawah Lishi, yang mammon anak laki-laki, Liu Haichan dan dewa harmony.

Di beberapa tempat, tokoh-tokoh sejarah seperti Wansan Shen (seorang pangeran pedagang terkenal dan cerdas) juga disembah sebagai dewa keberuntungan. Dewa-dewa keberuntungan di Tibet Buddhisme juga banyak dianut oleh orang Tibet, yang meliputi raja keberuntungan surgawi, jambhala kuning, jambhala hitam dan jambhala putih. di Tibet dan wilayah Qinghai selalu diadakan sebuah kustom untuk berdoa bagi keberuntungan dengan pemujaan dewa keberuntungan.

Menyambut Dewa Keberuntungan

Hari kelima dari bulan pertama kalender lunar China dikatakan ulang tahun dari dewa keberuntungan dan juga merupakan hari baik untuk menyambutnya. Pada malam hari keempat bulan pertama, setiap rumah tangga diharapkan untuk mempersiapkan sebuah pesta untuk merayakan ulang tahun dan untuk siap mendapatkan hewan kurban, kue, buah, dupa, lilin dan lain-lain. Kemudian, orang memukul drum dan gong dan membakar dupa untuk membayar upeti kepada dewa keberuntungan. Pada pagi hari kelima, petasan yang meledak sebagai tanda menyambut dewa keberuntungan.

Ini adalah kustom untuk toko untuk menggantung kain merah di atas papan mereka dan untuk membeli emas atau ikan ingot perak, berharap untuk sebuah awal yang baik untuk bisnis makmur. Ikan ingot adalah string ikan berulir melalui punggung menggantung dari balok, dengan ikan kepala menghadap ke dalam. Kertas merah mengandung emas berbentuk sepatu atau perak ingot melekat ikan, menyimbolkan "membawa keberuntungan dan harta".

Penawaran Pengorbanan kepada Dewa Keberuntungan

Pada hari kedua dari bulan pertama kalender China, upacara pengorbanan diadakan di seluruh negeri, tetapi upacara berbeda dari suatu tempat ketempat lainnya. Di China utara, setiap rumah tangga menyambut dewa keberuntungan untuk keluarga dengan membeli potret dari dewa untuk beribadah. Persembahan kepada dewa harus disajikan setelah dupa dibakar.

penawaran umum meliputi ayam jantan, kepala babi dan hidup carps dan lain-lain Di China selatan, persembahan kepada dewa keberuntungan ditempatkan di total tiga tabel: tabel pertama adalah penuh buah, tabel kedua ini penuh dengan kue dan tabel ketiga menyajikan sebuah pesta formal yang meliputi kepala babi, ayam utuh, bebek utuh, ikan dan lain-lain, menunjukkan keinginan yang baik untuk mendatangkan keberuntungan.

The Zhao Dewa Kepala Gongming

Dari semua dewa keberuntungan disembah oleh orang-orang, yang paling berpengaruh adalah "dewa kepala" Zhao Gongming, yang juga dikenal sebagai marshal Zhao atau altar Zhao, digunakan untuk menjadi salah satu dewa di dunia bawah sebelum kaisar langit mengangkatnya untuk menyusun sebuah mezbah misterius, bertanggung jawab untuk diperdagangkan dan mengumpulkan keberuntungan di dunia fana. Jadi, dia telah dianggap sebagai dewa keberuntungan oleh rakyat.

Citra Zhao Gongming biasanya dihadapi pria gelap dengan janggut penuh, mengenakan topi besi dan jubah pertempuran, memegang cambuk berharga dan mengendarai seekor harimau hitam. Dia juga disebut "singa altar hitam yang misterius". Sekitarnya, ada cekungan mengumpulkan harta-, emas besar dan ingot perak, mutiara berharga dan karang yang meningkatkan efek penuangan masuk keberuntungan

Martial Dewa Keberuntungan - Guan Yu

Guan Yu adalah seorang jenderal terkenal dari negara shu pada periode tiga kerajaan. Dia setia dan berani dalam seluruh hidupnya dan karena itu disembah oleh umat Buddha, Tao dan Konghucu. Dia tidak akan mengubah prinsip ketika dibujuk dengan emas, perak dan harta. Dia adalah kontras dengan mereka yang akan prinsip-prinsip perdagangan keuntungan pribadi.

Biasanya orang, terutama pedagang mengagumi dan menghormati loyalitas, serta integritas Guru Guan Yu dan menghormatinya sebagai seorang santo pelindung pembuatan keberuntungan. Dalam beberapa tahun belakangan ini, semakin banyak orang menganggapnya sebagai malaikat pelindung serba untuk semua perdagangan serta dewa keberuntungan.

Dewa Sipil Keberuntungan - Gan Bi

Menurut catatan sejarah, Bi Gan adalah paman dari raja zhou dari dinasti shang. Dia adalah seorang menteri setia dan benar. Menurut Fengshen Yanyi atau penciptaan para dewa, hati Bi Gan digali oleh Daji, selir raja zhou yang paling disukai, tetapi ia tidak mati berkat obat mujarab yang ditawarkan oleh Jiang Ziya. Kemudian, Bi Gan pergi ke tengah-tengah orang awam untuk mendistribusikan harta karun.

Legenda mengatakan bahwa pedagang di bawah berkat Bi Gan semua begitu bisnis yang jujur, tidak pernah menipu siapa pun. Itu sebabnya Bi Gan secara luas dipuji dan disembah. Potret biasa Bi Gan adalah orang yang berpakaian seperti seorang pejabat sipil yang memakai topi kasa menteri dan jubah bordir, dengan ruyi (sebuah benda hias S-berbentuk, USU terbuat dari batu giok,. mantan lambang keberuntungan) dalam bukunya tangan dan emas atau perak ingot bawah kakinya.

Dewa Sipil Keberuntungan - Fan Li

Fan Li adalah seorang negarawan pemikir, luar biasa dan strategi dari musim semi dan gugur. Ia juga seorang pengusaha yang memiliki bakat untuk membuat uang. Setelah pengunduran dirinya, ia tinggal dalam pengasingan bersama keluarganya di Taodi, di mana ia mengumpulkan banyak keberuntungan meskipun pertanian, peternakan dan melakukan bisnis, menjadi orang yang sangat kaya. Kemudian, ia membagikan keberuntungannya kepada orang-orang lokal. kebijaksanaan bisnis operasi dan kemurahan hati-Nya sangat dipuji oleh orang-orang, yang menyembah dia sebagai Dewa Keberuntungan.

Sisi Dewa Keberuntungan - Lima-Jalan Dewa

Selain dewa bela diri dan sipil keberuntungan, dewa samping juga disembah di kalangan masyarakat. Nama dewa berasal dari posisi potret, yang sering ditempatkan di samping. Dewa sisi biasanya disebut apa yang disebut "dewa lima-jalan". Kelima jalan adalah timur, barat, selatan, utara dan tengah. Hal ini diyakini bahwa dengan berkat dari "dewa lima jalan", nasib baik akan datang kepada seseorang ketika ia pergi keluar.

Dewa Muda Keberuntungan

Dewa muda keberuntungan termasuk pasar agung-resmi meningkatkan, Haichan Liu, Twin dan lain-lain. Dewa Gambar dewa ini biasanya anak-anak memegang nampan harta atau emas (perak) ingot atau ruyi berdiri di samping dewa marshal dan dewa sipil keberuntungan.

Dewa Keberuntungan Buddha Tibet

Penyembahan dewa keberuntungan juga umum di Buddhisme Tibet. Ada berbagai macam dewa keberuntungan, seperti raja keberuntungan surgawi, Kuning Keberuntungan Dewa, Hitam Putih Keberuntungan Dewa dan Dewa Keberuntungan dll. Raja Payung Surgawi adalah salah satu dari empat raja surgawi dalam Buddhisme, juga bertanggungjawab atas manajemen keberuntungan. Ia memegang payung harta di tangan kanannya.

Seperti perhiasan dapat dihasilkan dari balik payung, raja surgawi juga disebut "Dewa Harta". Dewa Keberuntungan Kuning berasal dari Raja Payung Surgawi. Dia emas dari kepala hingga kaki, jadi dia disebut "Dewa Keberuntungan Kuning". Dewa Keberuntungan Hitam berevolusi dari dewa keberuntungan kuno India dan tubuhnya berwarna hitam. Dan Dewa Keberuntungan Putih adalah dewa lain yang bertanggung jawab atas keberuntungan di Tibet ajaran Buddha yang mengendarai seekor naga.
[Yinnihuaren.blogspot.com]

0 komentar:

Video Gallery

Cari Artikel Disini